Tips Memilih LCD Proyektor Sesuai Kebutuhan Acara

Banyak faktor yang mempengaruhi kesesuaian proyektor untuk sebuah acara tertentu, mulai dari lokasi acara, waktu acara, hingga acara itu sendiri. Pada umumnya proyektor dapat diklasifikasikan berdasarkan Lumens (Satuan Ukuran Kekuatan Cahaya) pada Proyektor. Selain itu, hal yang tidak dapat dipungkiri bahwa setiap proyektor akan membutuhkan Screen sebagai media yang menerima proyeksi. Sehingga disamping memilih proyektor, tentunya memilih ukuran screen yang cocok merupakan sebuah keharusan. Jangan sampai kita salah perhitungan dalam penyesuaian proyektor dan screen pada lokasi yang telah ditentukan.

ACARA APA?

Sebelum melihat berbagai macam faktor lain, hal yang paling dasar adalah memutuskan bahwa proyektor tersebut untuk acara apa. Apakah anda memilih proyektor terbaik untuk home theater, atau proyektor untuk cafe, ataukah hanya ingin memilih proyektor terbaik untuk presentasi saja. Selain acara tersebut ada juga acara lain seperti proyektor untuk wedding, konser, atau hanya seminar serta acara lainnya. Pada dasarnya tentukan acara anda terlebih dahulu, karena proyektor untuk presentasi tidaklah sama dengan proyektor yang digunakan untuk memutar film ataupun home theater.

LOKASI INDOOR atau OUTDOOR


Dari sekian banyak faktor untuk memilih proyektor sesuai kebutuhan acara, tempat berlangsungnya acara merupakan faktor utama pemilihan proyektor. Hal utama yang perlu dipastikan dari lokasi adalah acara tersebut akan dilakukan di tempat yang termasuk INDOOR atau OUTDOOR, atau bahkan SEMI INDOOR OUTDOOR. Mengapa hal tersebut penting, karena indoor atau outdoor tidak hanya mempengaruhi proyektor apa yang akan digunakan, melainkan juga perlengkapan lain yang dibutuhkan seperti Screen, Rigging, Kabel, serta perlengkapan lainnya terutama faktor keamanan.

WAKTU dan PENCAHAYAAN LOKASI

Jika sudah ditentukan lokasi berlangsungnya acara, maka selanjutnya adalah waktu dan pencahayaan lokasi yang menentukan proyektor apa yang dibutuhkan. Jika lokasi acara termasuk INDOOR, maka tidak perlu dipikirkan soal waktu pemakaian jam berapapun tidak masalah, hanya pencahayaan lokasi yang dapat disesuaikan nantinya. Namun ketika lokasi acara termasuk OUTDOOR, maka perlu ditegaskan terkait pemilihan proyektor yang akan digunakan.
Jika pencahayaan lokasi sangatlah terang maka dibutuhkan proyektor dengan tingkat pencahayaan yang lebih terang pula. Tingkat pencahayaan proyektor sendiri biasa disebut dengan ANSI Lumens (semoga anda sudah paham apa itu ANSI Lumens). Namun untuk menentukan kuat tidaknya tingkat pencahayaan proyektor tidak hanya diukur dengan Lumens saja, namun dipengaruhi dengan jumlah daya yang dikonsumsi yang biasa disebut dengan Watt. Sehingga tingkat pencahayaan proyektor menjadi satuan baru yaitu Lumens Watt.

UKURAN LAYAR dan JARAK TEMBAK

Ketika sudah diketahui fungsi proyektor untuk acara apa serta lokasi dimana, tentunya juga sudah ada perkiraan jumlah peserta yang hadir dalam acara tersebut. Sehingga nantinya dapat diputuskan bahwa sebaiknya menggunakan layar yang ukuran berapa dengan jarak tembak berapa meter untuk mengkasilkan proyeksi gambar yang bagus.
Terlebih lagi tidak semua proyektor mampu memproyeksikan gambar untuk layar ukuran besar, karena masing-masing proyektor memiliki resolusi tersendiri. Untuk masing-masing resolusi terdapat dua seri yaitu seri standart (4:3) dan versi wide (16:9). Beberapa resolusi proyektor seri standart (4:3) yaitu: SVGA (800 x 600), XGA (1024 x 768), SXGA (1280 x 1024), dan SXGA+ (1400 x 1050). Sedangkan untuk resolusi proyektor seri wide (16:9) yaitu: 480p WVGA (854 x 480), 720p WXGA (1280 x 720), dan 1080p WUXGA (1920 x 1080).

JADI – PASTIKAN…!!!
“Acara APA? Lokasi DIMANA? KAPAN? Ukuran Layar dan Jarak Tembak BERAPA?”
PROYEKSIKAN PROYEK dengan PROYEKTOR TERBAIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox

@xclusivmediarental